Personal Liability? Why Not?

Comprehensive General Liability (CGL) atau Professional Indemnity (PI) untuk Perusahaan adalah hal yang biasa. Pertanyaan yang sering diutarakan Bisakah Perusahaan Asuransi memberikan jaminan CGL atau PI terhadap individual atau personal?? Why Not?!

Comprehensive General Liability (CGL)

CGL dapat diberikan untuk individual baik sehubungan dengan pekerjaan (scope of works), bisnis (insured services) misalnya sebagai programmer, agen, mekanik, liaison officer, dosen, surveyor, atau profesi apa saja yang dilakukan oleh individu, maupun yang tidak berhubungan dengan pekerjaan ya..sebagai individu biasa (bukan kapasitas sebagai pekerja) yang mungkin harus bertanggung jawab secara hukum terhadap aktivitasnya.

Professional Indemnity (PI)

PI juga dapat diberikan untuk personal yang berprofesi sebagai designer, consultant, financial planner, agent, lawyer, dosen, examiner, surveyor, liaison officer, atau profesi-profesi lainnya yang dilakukan secara individual.

Professional Indemnity – Lawyer

Khusus untuk Lawyer seharusnya “Peradi” atau lembaga advocate lainnya mensyaratkan PI secara “compulsory” seperti yang diberlakukan di Malaysia misalnya, tidak hanya Lawyer tetapi juga “Notaris” atau profesi hukum lainnya.

Professional Indemnity – Insurance Agent

Agen Asuransi seharusnya juga demikian, Perusahaan Asuransi baik Asuransi Jiwa maupun Asuransi Kerugian seharusnya mewajibkan para agennya untuk memiliki PI karena mereka sebenarnya sangat rentan dan dapat membahayakan perusahaan karena insurance advice yang keliru atau tidak sesuai dengan kebutuhan klien.

Directors & Officers Liability

D&O adalah jenis Asuransi yang bersifat personal khusus untuk Direktur, Eksekutif atau Sekretaris Perusahaan dimana mereka dapat dimintakan pertanggung jawaban tidak terbatas sampai kepada asset atau harta benda pribadi sekalipun jika dinilai “negligent” dalam pengelolaan perusahaan atau investasi.

Medical Malpractice – Medical Practitioner

Dokter, perawat (nurse), atau praktisi medis lainnya seharusnya juga wajib memiliki PI atau Med Mal karena sangat potensial untuk dituntut secara hukum akibat malpraktek yang mungkin terjadi.

Home Insurance

Home Insurance biasanya juga menyediakan jaminan Personal Liability baik sebagai pemilik, atau penyewa rumah maupun sebagai pribadi yang beraktivitas di masyarakat. 

Travel Insurance

Travel Insurance biasanya juga sudah menyediakan Personal Liability yang berlaku secara “worldwide while you are travelling”.

Automobile Liability

Automobile Liability juga dapat diberikan secara personal baik yang berhubungan dengan pekerjaan atau profesi maupun sebagai individu yang mengendarai mobil.

IT Liability

Nah khusus untuk IT Liability sebenarnya juga bisa diberikan untuk individu programmer atau freelance, namun biasanya Perusahaan Asuransi “tidak berani” karena kesalahan individu tersebut dapat juga berarti menjamin produk perusahaan secara “overall” yang berarti exposure risiko nya sangat tinggi. Perusahaan Asuransi umumnya hanya mau menjamin “Perusahaan” but not for “individual”.

Workers Compensation / Employers Liability

Nah kalo yang ini pasti tidak applicable alias tidak sesuai untuk individual, karena tidak ada sistim penggajian dan juga tidak ada “employers” nya. Jadi lebih baik memilih jaminan “Personal Accident” saja sebagai gantinya.

Jadi: Personal Liability? Why Not?

Any inquiry please give me a call at +628128079130 or email at imusjab@qbe.co.id or imusjab@gmail.com

By Imam MUSJAB; Need Liability Insurance? Ask QBE

Apa yang dijamin dalam Asuransi:

Comprehensive General Liability

Professional Indemnity Insurance

Directors & Officers Insurance

Association Liability Insurance

ICT Liability Insurance

Medical Malpractice Insurance

Freight Forwarders Liability Insurance

About the Author

has written 1634 stories on this site.

One Comment on “Personal Liability? Why Not?”

  • agus hw wrote on 12 November, 2012, 16:58

    Pak Imam Yth, Saya mau bertanya mengenai Automobile Liability. Apakah dapat digunaka untuk di luar negeri seperti di Amerika Serikat. Bagaimana contoh quotationnya. Mohon bantuannya untuk mengirim via email saya ya pak. Terima kasih

    Untuk di AS tentu saja harus beli di sana, Pak. Karena tentu di AS become compulsory

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.