Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Indonesia

Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Indonesia agak berbeda dari ujian AAMAI yang harus lulus beberapa subjek ujian dan bisa dilakukan dengan belajar mandiri. Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah diselenggarakan dalam 3 tahapan dengan sistim pelatihan asuransi syariah terlebih dahulu kemudian disusul dengan ujian, dan syarat untuk ikut ujian ajun (AIIS) atau ahli asuransi syariah (FIIS)  pun harus telah memiliki gelar profesi AAAIK/J atau AAIK/J dari LSP AAMAI atau gelar profesi asuransi setara dari lembaga yang diakui seperti ACII, AIINZ, dll , jadi IIS (Islamic Insurance Society) lembaga yang menyelenggarakan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Indonesia tinggal menambahkan ilmu atau keahlian dibidang syariah-nya saja

3 Tahapan Pelatihan dan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Indonesia diselenggarakan mulai dari Tingkat Dasar, Tingkat Ajun dan Tingkat Ahli – Semua peserta harus mengikuti seluruh tahapan mulai dari tingkat dasar (Basic) walaupun telah memiliki gelar profesi AAAIK/J atau AAIK/J dari LSP AAMAI, ataupun ACII, AIINZ.

Pelatihan dan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Dasar “Islamic Insurance Society” diselenggarakan selama 3 hari, 2 hari pelatihan dan hari ke-3 Ujian, materi pelatihan meliputi : Fikih Muamalah, Akad – akad dalam Asuransi Syariah, Pengantar Asuransi Syariah, Regulasi Asuransi Syariah, Prinsip Operasional Asuransi Syariah, Produk Asuransi Syariah, Pemasaran & Perkembangan Asuransi Syariah Indonesia, Keuangan, Akuntansi dan Pelaporan Asuransi Syariah, dan hari terakhir adalah Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Dasar, tidak  usah kuatir karena Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Dasar adalah dalam multiple choices alias pilihan a, b, c, dan d.

Karena AASI (Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia) beranggotakan asuransi jiwa dan asuransi umum syariah maka materinya pun lebih banyak membahas mengenai asuransi jiwa dibandingkan dengan asuransi umum demikian juga pesertanya lebih banyak rekan-rekan dari asuransi jiwa.

Pelatihan dan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Ajun (Associate) “Islamic Insurance Society” menurut informasi tetap diselenggarakan dengan format yang sama dengan “Tingkat Dasar” tentu saja dengan pendalaman materi-materi syariah dan diberikan jeda satu minggu belajar untuk persiapan ujian essay.

Sedangkan untuk Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Ahli (Fellow) “Islamic Insurance Society” belum dipastikan apakah akan menggunakan format yang sama ataukah dengan persyaratan pembuatan “paper” atau makalah ilmiah dan mempresentasikannya dihadapan para panelis penguji, tentu bagi sebagian besar para peserta format yang sama lebih disukai dari pada harus membuat paper apalagi harus melakukan penelitian dan mempertahankannya dihadapan para panelis penguji karena sebagian besar dari kita pada umumnya malas untuk menulis dan gemetar untuk presentasi ha..ha..

Saran untuk panitia dan pengurus “Islamic Insurance Society”

  1. Untuk segera dibentuk LSP yang diakui atau diakreditasi oleh BAN
  2. Untuk segera dibentuk kepengurusan yang kredibel agar dapat diakui dan bersaing secara Internasional mengingat Indonesia tentunya harus lebih maju dibidang muamalah asuransi syariah
  3. Untuk dibuat website yang memuat informasi ujian dan persyaratannya serta updated info lainnya yang mudah diakses
  4. Untuk materi pelatihan agar dikonsolidasikan dengan semua facilitator untuk tidak membahas hal yang sama berulang-ulang karena terdapat ‘overlapping’ materi dari hampir semua facilitator, sehingga tersedia cukup waktu untuk membahas hal-hal lainnya terutama sharing dan diskusi yang lebih bermanfaat.

Semoga bermanfaat!

Maju terus Asuransi Syariah Indonesia!

Untuk informasi mengenai Pelatihan dan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah dapat menghubungi

Sekretariat AASI  
Gedung AAJI Lantai 4 
Jl. Talang Betutu, Kebon Melati 
Tanah Abang, Jakarta Pusat – 10230 
Telp: 021 – 315 3570 Fax: 021 – 315 3571 
Follow twitter.com/aasi_id 
Website aasi.or.id 

Jangan lupa jika ada lowongan di asuransi syariah bantu saya untuk hijrah, hubungi saya di telpon +628128079130 atau email di imusjab@gmail.com atau imam.musjab@qbe.co.id atau lihat profile saya di sini

Terima kasih,

By Imam MUSJAB

Pelatihan dan Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Tingkat Dasar

About the Author

has written 1649 stories on this site.

4 Comments on “Ujian Gelar Profesi Asuransi Syariah Indonesia”

  • Aris W wrote on 30 December, 2015, 8:37

    Wah… sudah mau hijrah nih…bantu saya juga 

  • Ali Trisno wrote on 30 December, 2015, 8:56

    Alhamdulillah… jadi pengen hijrah juga

  • IMAM MUSJAB wrote on 30 December, 2015, 14:51

    Mau dong agar lebih tenang dan meneteramkan! ha..ha..

  • Erwin Noekman wrote on 24 April, 2016, 21:34

    Barakallah, semoga dimudahkan, karena Allah azza wa jalla sudah menjanjikan segala kebaikan bagi yang berhijrah.

    Kalau mau di GCC banyak pak, sementara talenta Indonesia belum banyak tampil. 

    Aamiin, Mau dong, Pak

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.