Biaya Recall Toyota USD2 M

TOKYO (SI) – Toyota Motor Corporation menyatakan telah menyiapkan dana 180 miliar yen (USD2 miliar) untuk penarikan kembali (recall) delapan juta unit kendaraan di seluruh dunia.

Toyota akan memberi dana USD75.000 untuk setiap dealer di Amerika Serikat (AS) sebagai biaya perbaikan delapan model yang ditarik kembali. “Dalam beberapa hari,Anda (dealer) akan menerima cek dari kita untuk perbaikan kendaraan konsumen Toyota,” kata Vice President Toyota Bob Carter dalam surat yang dikirim ke dealer di AS. Dua pekan lalu Toyota di AS mengumumkan penarikan 2,4 juta kendaraan di AS akibat cacat produksi pada pedal gas.Toyota juga menyatakan akan menarik 1,8 juta unit kendaraan di Eropa seminggu kemudian.


Langkah ini merupakan rangkaian penarikan kembali delapan juta kendaraan di seluruh dunia.Adapun kemarin Toyota memulai penarikan di Inggris. Selain mengeluarkan dana,Toyota diperkirakan akan kehilangan penjualan 100.000 unit kendaraan di pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa.Meski begitu,produsen automotif Jepang ini optimistis bisa membukukan laba 80 miliar yen (USD880 juta) untuk tahun fiskal 2009/10 (April 2009–Maret 2010). Toyota melaporkan, pendapatan bersih kuartal III/2009/10 (Oktober–Desember 2009) naik 10,2%.


Laba bersih tercatat 153,2 miliar yen (USD1,53 miliar).Total penjualan kuartal III sebesar 2,07 juta kendaraan atau naik 227.000 dibandingkan periode yang sama 2008/09.“Laba operasional naik di semua wilayah di dunia,” kata Toyota dalam keterangan resmi. Dua hari lalu Toyota mulai melakukan investigasi atas laporan kegagalan rem pada model Prius Hybrid pasar Amerika Utara dan Jepang. Keluhan pada model terlaris Toyota ini tentunya bisa memperburuk citra. Sementara Menteri Tanah Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata Jepang menyatakan telah menerima 13 keluhan kegagalan rem Prius pada Desember— Januari.


Juli lalu seorang pengemudi Prius mengeluhkan kegagalan rem yang telah mengakibatkan dua orang terluka.“Banyak keluhan diajukan dalam waktu yang pendek. Kami akan menginvestigasi kasus untuk menentukan langkah apa yang akan diambil menteri,” kata Menteri Tanah Infrastruktur Transportasi dan Pariwisata Jepang. Media Jepang melaporkan, Kantor Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya AS (NHTSA) telah menerima lebih dari 100 keluhan seputar rem Prius. Sementara salah satu pendiri Apple Inc Steve Wozniak berpendapat bahwa cacat produksi pedal gas Prius berkaitan dengan peranti lunak (software).

“Kaki saya tidak menyentuh pedal gas. Jadi,masalahnya tidak pada pedal gas,mungkin sofware-nya buruk,” kata dia. Di Washington kongres AS akan memanggil Toyota untuk meminta penjelasan soal cacat produksi pedal gas.Kongres akan mengajukan beberapa pertanyaan kepada produsen automotif Jepang tersebut. Senator Partai Demokrat Jay Rockefeller mengatakan,Komite Perdagangan Senat AS juga akan menggelar rapat dengar pendapat dengan Toyota.Namun, pihak komite belum menentukan tanggal pertemuan tersebut.

Sementara Senator Partai Republik John Dingell mendesak Toyota dan regulator transportasi AS menjelaskan cacat produksi tersebut. “CEO Toyota AS Yoshimi Inaba akan memberikan testimoni di Komite Perdagangan minggu depan,”kata Komite Perdagangan, seperti dikutip CNN. Posisi Toyota semakin sulit setelah Menteri Transportasi AS Ray LaHood mengatakan, pemilik Toyota harus berhenti mengendarai kendaraannya hingga selesai perbaikan. LaHood juga mengatakan, pihaknya meminta Produsen Jepang itu melaksanakan investigasi lagi meski telah lolos penyidikan Kantor Keselamatan Transportasi Jalan Raya AS (NHTSA).


Tapi, sejam kemudian LaHood menarik kembali ucapannya.“ Saran saya bagi pemilik Toyota, bawa kendaraan Anda ke dealer,” kata LaHood kepada wartawan. Pernyataan LaHood menggambarkan perjuangan Toyota untuk meraih kembali simpati konsumennya. Sementara Honda Motor Co menyatakan berhasil membukukan laba USD1,5 miliar di kuartal III/2009/10 (Oktober–Desember). Laba ini meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2008/09 sebesar USD208 juta.


“Pendapatan turun 11,5% menjadi USD25 miliar karena peningkatan penjualan di Asia tidak bisa menutupi penurunan di Amerika Utara,” ungkap Honda. Seperti Toyota, Honda telah mengumumkan langkah penarikan kembali 646.000 unit Honda Jazz, di beberapa negara dikenal dengan Honda Fit. Penarikan kembali dilakukan akibat cacat produksi pada tombol jendela. (AFP/Rtr/ahmad senoadi)

 

http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/302299/

 

About the Author

has written 1634 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.