Actio Pauliana

Dalam bahasa Inggris “claswsback provision” adalah yang diberikan oleh undang undang kepada setiap Kreditor untuk menuntut kebatalan dari segala tindakan Debitor yang tidak diwajibkan untuk dilakukannya. Namun dengan ketentuan bahwa tindakan Debitor tersebut sepanjang dapat dibuktikan bahwa pada saat tindakan tersebut dilakukan, Debitor dan pihak dengan siapa Debitor mengikatkan diri mengetahui bahwa mereka dengan dilakukannya tindakan itu menyebabkan terjadinya kerugian kepada Kreditor. Ketentuan dalam Actio Pauliana diatur dalam Pasal 1341 KUHPerdata.

Ketentuan Pasal 1341 KUHPerdata tersebut merupakan pengecualian dari Pasal 1340 KUHPerdata yang menentukan bahwa suatu perjanjian hanya berlaku dan mengikat para pihak yang membuatnya. Dengan adanya ketentuan Pasal 1341 KUHPerdata, yaitu ketentuan menganai Actio Pauliana, pihak ketiga yang merasa dirugikan dengan adanya perjanjian antar pihak Pertama dan pihak Kedua, dapat menuntut agar perjanjian tersebut dibatalkan oleh Pengadilan.

Berkaitan dengan Hukum Kepailitan, secara khusus Actio Pauliana diatur dalam Pasal 41 ayat (1) dan ayat (2) UUK-PKPU yang berbunyi:

1). Untuk kepentingan harta pailit, kepada Pengadilan dapat dimintakan pembatalan segala perbuatan hukum Debitor yang telah dinyatakan pailit yang merugikan kepentingan Kreditor, yang dilakukan sebelum putusan pernyataan pailit diucapkan.

2). Pembatalan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) hanya dapat dilakukan apabila dapat dibuktikan bahwa pada saat perbuatan hukum dilakukan, Debitor dan pihak dengan siapa perbuatan hukum tersebut dilakukan mengetahui atau sepatutnya mengetahui bahwa perbuatan hukum tersebut akan mengakibatkan kerugian bagi Kreditor.

Disarikan dari Hukum Kepailitan Prof. Dr. Sutan Remy Sjahdeini, S.H.,
Oleh : Nugraha Budi S. MarE, Dipl. IIMS, SH, ICAP, FIFAA
NUGRAHA BUDI S. SH & PARTNERS

About the Author

has written 1729 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2018 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.