Seandainya mereka tahu Asuransi itu murah dan mudah?

Hampir tidak ada kegiatan ekonomi dewasa ini bisa berjalan tanpa “Asuransi”.

Tidak ada export-import tanpa polis Asuransi,

Kredit tidak bisa disalurkan tanpa Asuransi,

Tidak ada pembangunan gedung, jembatan dan infrastruktur tanpa Asuransi,

Kapal (seharusnya) tidak bisa berlayar tanpa polis Asuransi,

Mobil (seharusnya) tidak bisa berjalan tanpa bensin dan polis Asuransi,

Dokter (seharusnya) tidak bisa praktek tanpa polis Asuransi,

Direktur dan Komisaris (seharusnya) tidak bisa menjabat tanpa polis Asuransi,

Buruh-buruh (semestinya) tidak boleh bekerja tanpa polis Asuransi,

Rumah-rumah pun (seharusnya) tidak boleh dihuni tanpa polis asuransi,

Apalagi…??

 

Mengapa demikian?

 

Karena selembar polis Asuransi dapat mengubah “ketidakpastian (uncertainty) menjadi “certainty” simple-nya dengan membayar premi “sekian juta rupiah saja” perusahaan, bank, leasing dan pelaku usaha tidak perlu lagi cemas memikirkan risiko jika pabriknya terbakar, mesinnya rusak atau asetnya hancur karena banjir atau gempa bumi, pelaku usaha dapat konsentrasi mengembangkan usahanya tapa perlu memikirkan “ketidakpastian” akan datangnya risiko yang mengancam asetnya.

 

Tapi masih banyak yang tidak mengerti dan bahkan tidak percaya bahwa Asuransi itu murah dan mudah? Dan merupakan metode transfer risiko yang paling efektif? Mengapa? Coba kita perhatikan!

 

Asuransi itu murah?

 

Bagaimana tidak murah, untuk Asuransi rumah senilai Rp 1 Milyar saja anda hanya perlu membayar premi Rp 500 ribu saja selama setahun untuk Asuransi kebakaran, ingat setahun yang berarti 12 bulan atau kurang dari Rp 50 ribu per bulan.

 

Bagaimana jika rumah anda bernilai kurang dari Rp 1 Milyar, tentunya anda hanya membayar sekitar Rp 100 ribu saja per tahun, ingat per tahun lho bukan per bulan.

 

Dengan hanya Rp 100 ribu per tahun anda bisa mendapatkan santunan Asuransi kecelakaan diri s/d Rp 50 juta untuk risiko kematian atau cacat atau biaya pengobatan karena kecelakaan kerja atau kecelakaan lalu lintas.

 

Asuransi mobil dan kapal memang relative mahal tetapi tetap jauh lebih murah dibandingkan dengan risiko (ketidakpastian) jika kapal tabrakan atau tenggelam, premi Asuransi kapal berkisar 0.5% – 1% dari Harga Kapal.

 

Premi Asuransi pengangkutan barang (marine cargo) hanya berkisar 0.1% – 0.15% untuk memastikan bahwa kegiatan pengiriman kargo ekspor, impor maupun domestic berjalan lancar

 

Asuransi D & O (Directors & Officers) Liability memang relative mahal tetapi tentu jauh-jauh lebih mahal dan tak bernilai dibanding dengan pertaruhan profesionalisme, nama baik sebagai Direktur atau Komisaris perusahaan, sehingga jika terjadi mis-management atau mis-investment Direktur dan Komisaris tidak perlu mempertaruhkan asset-aset pribadinya dari tuntutan hukum.

 

Bagaimana dengan Asuransi kesehatan, Asuransi jiwa atau Asuransi pendidikan yang sangat mahal? Memang benar, namun hal itu karena unsur investasi dan saving yang terkandung didalamnya, yang nantinya return investment dan saving tersebut akan kembali kepada nasabah berikut bunga atau profitnya nya.

 

Dari ilustrasi angka-angka tersebut jelas menunjukkan bagi kita semua bahwa Asuransi adalah metode transfer risiko yang murah.

 

Asuransi itu mudah?

 

Di Indonesia, ada lebih dari 150 perusahaan Asuransi dengan ratusan kantor cabang, dan tentunya ribuan agen, tinggal telpon atau klik website, apa susahnya?

 

Anda bahkan tidak perlu isi formulir aplikasi sendiri, karena CS atau agen akan dengan senang hati membantu mengurus semuanya.

 

Singkatnya, anda tinggal telpon jelaskan kebutuhan Asuransi anda, polis diantar, tinggal bayar premi, urusan beres, khan?!

 

Penutupan Asuransi sih gampang? giliran klaim sulitnya minta ampun?

 

Itu mungkin karena anda salah pilih perusahaan Asuransi saja…makanya pilih yang dapat dipercaya dan menepati janjinya? Pilih yang keuangannya sehat. Bagaimana caranya? Tanyakan pada Ahlinya? Asuransi itu juga ada ilmunya sama dengan disiplin ilmu lainnya, perbankan, investment atau manajemen, jika anda tidak mengerti serahkanlah pada Ahli-nya!!

 

Urusan klaim, khan ada Loss Adjuster, ada BMAI (Badan Mediasi Asuransi Indonesia) atau Lembaga Konsumen yang bisa melindungi anda.

 

Asuransi itu efektif?

 

Asuransi adalah metode transfer risiko yang paling efektif, dalam “Risk Management” kita kenal beberapa metode mengelola risiko i.e. self-insurance, saving, and transfer, Asuransi adalah metode yang paling efektif. Mengapa?

 

Agar dapat membangun kembali rumah anda seniali Rp 1 milyar jika terjadi kebakaran, apakah anda akan memilih membayar premi Asuransi Rp 500 ribu setahun atau memilih menabung Rp 10 juta per bulan selama 10 tahun? Bagaimana kalau pada tahun ke 5 rumah anda terbakar? Sementara saving anda baru Rp 500 juta?? dengan Asuransi anda bisa kembali membangun rumah anda dan saving bisa anda gunakan untuk membeli rumah baru…

 

Bagaimana dengan asset perusahaan, pabrik, mesin, kapal yang bernilai ratusan milyar? Tentu tidak ada metode yang lebih efektif untuk merubah “uncertainty of loss” menjadi “certainty” kecuali “Asuransi”

 

Sudah Jelas khan…bahwa Asuransi itu murah, mudah dan efektif..!!! “Mari Berasuransi”.

 

Seandainya mereka tahu Asuransi itu murah, mudah dan efektif?

 

Mungkin tidak perlu lagi ada saudara-saudara kita yang menderita karena rumah nya ludes terbakar, Mungkin para korban bencana alam, gempa bumi tidak perlu lama mengungsi, Mungkin Pemerintah dapat menyiapkan program penanggulangan bencana lebih cepat dan efektif dengan menyerahkan pengelolaan dananya sebagai premi Asuransi sehingga untuk pemulihan dan pembangunan kembali infrastruktur tidak mengganggu program-program pembangunan lainnya, karena apa? Karena Asuransi bisa merubah “uncertainty” menjadi “certainty”

 

oleh: IMAM MUSJAB telp: +628128079130 email: imusjab@qbe.co.id 

web: http://ahliasuransi.com

 

 

About the Author

has written 1632 stories on this site.

One Comment on “Seandainya mereka tahu Asuransi itu murah dan mudah?”

  • apriadai berlian wrote on 28 May, 2010, 22:51

    bos sy mau gabung dengn asuransinya bagi mn?
    ini dari asuransi mn?
    bagai mana proses klem sulit / tidak ?
    tahnk’s

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.