Corporate standards improving – kompensasi CNY220,000 (USD28,160) atas kegagalan untuk mengungkapkan informasi yang relevan dalam prospektus

Cina: Fakta menunjukkan bahwa di Cina belum banyak terjadi tuntutan yang melibatkan pemegang saham perusahaan seperti di negara-negara lain hal ini dapat dikaitkan dengan masalah dalam sistem kompensasi sipil dan hukum acara di pengadilan itu sendiri. Pemegang saham minoritas – yang sering terlibat dalam tuntutan semacam ini – biasanya tidak memiliki daya yang cukup untuk mengumpulkan bukti.


Pada tahun 1998 dan 1999, sekelompok investor di Shanghai
menggugat Chengdu Hongguang Industrial Shareholding Co setelah mengalami kerugian akibat penurunan harga saham Hongguang Industri. Pemegang saham mengajukan tuntutan bahwa perusahaan tidak mengungkapkan masalah yang terjadi dengan produksi mereka dalam prospektus. Namun tuntutan kompensasi klaim mereka ditolak oleh pengadilan dengan alas an bahwa mereka belum memiliki cukup bukti untuk bisa menentukan bahwa kerugian tersebut disebabkan oleh pernyataan palsu dalam prospektus. Namun dalam mediasi, ke 11 investor tsb memenangkan perkara dan telah diberikan kompensasi sebesar CNY220,000 (USD28,160), hal ini merupakan kompensasi ganti rugi perdata yang pertama diselesaikan dalam sejarah tuntutan pemegang saham. Sejak Januari 2002, pengadilan Cina telah diramaikan dengan sekitar 1000 tuntutan kompensasi perdata yang melibatkan kegagalan untuk mengungkapkan informasi yang relevan, tetapi hanya sebagian kecil dari tuntutan tsb berhasil diselesaikan dengan memuaskan.

 

Source: Business Times, 2 Novernber 2006

Asian Casualty Report 10th Edition June 2008 – Gen Re

Picture: Google

About the Author

has written 1650 stories on this site.

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.