Costa Concordia ‘biggest ever marine loss’ – Apa, Siapa dan Mengapa?

Kecelakaan yang menimpa kapal “Costa Concordia” menyebabkan perusahaan asuransi dan re-asuransi menderita kerugian sangat besar dan diperkirakan berkisar $500juta s/d $1milyar, Ini akan menjadi klaim asuransi kapal terbesar sepanjang sejarah setelah sebelumnya ditempat oleh “Exxon Valdez” (1989) yang mengakibatkan asuransi membayar klaim $500juta termasuk klaim polusi.

Mengapa klaim “Costa Concordia” sangat besar sekali?

Karena tentu saja melibatkan banyak tuntutan klaim, mulai dari klaim atas “Hull & Machinery” yang dipastikan total loss berkisar $512juta (Euro 405 juta), klaim P&I mulai dari tuntutan klaim “Crew Liability, Passenger Liability, Third Party Liability, Wreck Removal, Pollution Liability, Loss of Earning” dan lain-lain. Diperkirakan Liability Claim adalah porsi yang terbesar dari klaim “Costa Concordia”.

Kabar baiknya “Costa Concordia” membeli P&I dengan limit diperkirakan $3milyar

Siapa saja perusahaan asuransi yang terlibat?

AON disebut sebagai broker asuransi yang terlibat untuk penempatan “Costa Concordia”

RSA and XL dua asuransi yang menanggung kerugian material damage terbesar dierkirakan sekitar €405juta (£335juta), sementara Generali menyatakan bahwa mereka hanya menanggung sebagian kecil saja (marginal).

The Standard Club and The Steamship Mutual adalah penanggung untuk P&I claim s/d $60juta sedangkan diatasnya s/d $2milyar dipastikan akan ditanggung Lloyd’s (London and International Reinsurance Market).

Hannover Re diperkirakan menanggung kerugian Euro 10juta

Munich Re juga diperkirakan menanggung puluhan juta Euro atas musibah ini

Allianz dan Axa disebut sebagai anggotakonsorsium yang dipimpin oleh RSA

Apakah semua klaim tersebut dibayar oleh Perusahaan Asuransi?

Sebagaimana umumnya untuk setiap klaim asuransi selalu subject to Deductible. Berapa besarnya deductible klaim untuk “Costa Concordia”? alias berapa besar klaim yang akan diderita atau ditanggung sendiri oleh “Carnival Corporation” perusahaan yang mengoperasikan “Costa Concordia”?

“Carnival Corporation” perusahaan yang mengoperasikan “Costa Concordia” meng-konfirmasikan bahwa asuransi atas kapal mereka subject to a deductible sekitar $30juta. Sedangkan untuk klaim third-party personal injury liability juga subject to an additional $10juta deductible.

Carnival juga menyatakan bahwa mereka tidak meng-asuransikan (alias self-insured) untuk kehilangan pendapatan dari pengoperasian kapal (loss of use of the vessel) yang diperkirakan pada 2012 akan memukul pendapatan perusahan sekitar $85juta s/d $95juta.

Tuntutan klaim berlanjut.

Perusahaan juga menghadapi gugatan perwakilan kelompok atau class-action di Amerika Serikat dimana mereka menuntut sedikitnya ganti rugi minimal sebesar US$160.000 atau sekitar Rp2,2 miliar dan hingga saat ini sudah terdapat 110 penggugat….(wow)

Dan sepertinya klaim “Costa Concordia” akan terus berlanjut…

Dirangkum dari berbagai sumber oleh Imam MUSJAB

Baca original sources:

Costa Concordia ‘biggest ever marine loss’

Costa Concordia casualty

RSA and XL on hook in €405m cruise ship disaster

Hannover Re expects a damage claim of at least €10m from the Costa Concordia wreck, according to reports.

Munich Re expects the claims burden from the stricken cruise ship Costa Concordia to be in the mid double-digit million euro range

Insurers braced for over Euro 500m in claim from Costa

Perusahaan yang mengoperasikan kapal Costa Concordia yang kandas di Italia menghadapi gugatan perwakilan kelompok atau class-action di Amerika Serikat.

 

Mereka menuntut sedikitnya ganti rugi minimal sebesar US$160.000 atau sekitar Rp2,2 miliar dan hingga saat ini sudah terdapat 110 penggugat….

“During this time of tragedy, we are doing our very best to provide the needed support to the Costa Concordia passengers, crew and their families,” said Pier Luigi Foschi, chairman and CEO of Costa Cruises.

http://phx.corporate-ir.net/phoenix.zhtml?c=200767&p=irol-newsArticle&ID=1650164&highlight=

Costa Concordia – ship Particulars on Equasis

 

About the Author

has written 1635 stories on this site.

One Comment on “Costa Concordia ‘biggest ever marine loss’ – Apa, Siapa dan Mengapa?”

  • samadikun wrote on 25 January, 2012, 14:04

    Pak Imam,
    kalo nahkodanya terbukti mabuk minum alkohol di bar apakah klaim tetap bisa dibayar? Biasanya apa saja warranty atau exclusion untuk marine hull dan P&I ? terima kasih

    Untuk “Marine Insurance” tidak ada ketentuan itu Pak, yang jelas di polis memuat ketentuan bahwa “Master or Crew Negligence” adalah dijamin.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/ahliasuransi.com/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/core.php on line 193