Telat bayar premi: Apakah polis otomatis batal?

Banyak yang bertanya bagaimana kalau tertanggung telat bayar premi? Apakah polis otomatis batal?

 

Kebanyakan ‘Penanggung’ tidak memberikan ‘Notice of Cancellation’ jika ‘Tertanggung’ telat atau belum bayar premi. Bagaimana kalau terjadi klaim? Apakah perusahaan asuransi akan bertanggung jawab? Lalu bagaimana jika kemudian ‘Tertanggung’ akhirnya bayar premi (walaupun telat) apakah jaminan polis menjadi berlaku kembali? Bagaimana jika pembayaran premi melalui agen atau broker? Dan masih banyak pertanyaan lainnya…

 

Mari coba kita perhatikan satu-per satu

 

Ketentuan umum polis

 

Ketentuan dalam PSAKI (Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia) Pasal 2 : Pembayaran Premi

 

“…bahwa setiap premi terhutang harus sudah dibayar lunas dan secara nyata telah diterima seluruhnya oleh pihak Penanggung :

2.1.1 maka pelunasan pembayaran premi harus dilakukan dalam tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari kalender dihitung dari tanggal mulai berlakunya Polis;

 

Begitu juga dalam polis-polis standar AAUI lainnya pembayaran premi harus sudah dibayar lunas dalam waktu 30 hari. Bagaimana kalo telat bayarnya? maka polis otomatis batal dengan sendirinya tanpa harus menerbitkan endorsemen pembatalan, seperti kelanjutan pasal 2 ini

 

2.3. Apabila premi dimaksud tidak dibayar sesuai dengan ketentuan dan dalam jangka waktu yang ditetapkan, Polis ini batal dengan sendirinya tanpa harus menerbitkan endosemen pembatalan terhitung mulai tanggal berakhirnya tenggang waktu tersebut dan Penanggung dibebaskan dari semua tanggung jawab atas kerugian sejak tanggal dimaksud.

 

Premium Payment Warranty Clause

 

PPW Clause kurang lebih isinya sama dengan Ketentuan umum polis yang mengatur mengenai jangka waktu pembayaran premi 30, 45, atau 60 hari grace period tergantung kesepakatan dalam PPW Clause

 

Grace period adalah jangka waktu pembayaran premi (credit term) yang ditetapkan dalam ketentuan polis atau PPW Clause yang biasanya 30, 45 atau 60 hari atau ketentuan pembayaran premi cicilan (installment) yang disepakati, dalam jangka waktu tsb apabila terjadi klaim maka ‘Penanggung’ berkewajiban membayar ganti rugi (liable) walaupun premi belum dibayar.

 

Ketentuan lainnya

 

Ketentuan lainnya adalah sesuai klausul yang dilampirkan di polis contohnya adalah penggunaan “Premium Payment Clause LSW 3001” yang sedikit berbeda dimana terdapat ketentuan bahwa ‘Penanggung’ harus menerbitkan ‘Notice of cancellation’ dan memberikan jangka waktu tertentu sebelum jaminan polis menjadi berakhir.

 

“It is agreed that (Re)Insurers shall give not less than [ ] days prior notice of cancellation to the (Re)Insured via the broker…”

 

 

Bagaimana jika pembayaran premi melalui agen atau broker?

 

Nah untuk yang ini tergantung pada PKS (Perjanjian Kerja Sama) atau Agency Agreement dimaa biasanya agen atau broker diberikan credit terms lebih lama dari ketentuan standard polis biasanya berkisar 60 s/d 90 hari. Bagaimana jika ‘Tertanggung” sudah bayar kepada agen atau broker, tapi agen atau brokernya tidak membayarkannya kepada ‘Penanggung’? wah kalau yang ini bisa gawat?

 

 

By Imam MUSJAB

 

 

 

 

PASAL 2

PEMBAYARAN PREMI

2.1. Menyimpang dari Pasal 257 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang dan tanpa mengurangi ketentuan yang diatur pada ayat (2.3.) di bawah ini, maka merupakan prasyarat dari tanggung jawab Penanggung atas jaminan asuransi berdasarkan Polis ini, bahwa setiap premi terhutang harus sudah dibayar lunas dan secara nyata telah diterima seluruhnya oleh pihak Penanggung :

2.1.1. jika jangka waktu pertanggungan tersebut 30 (tiga puluh) hari kalender atau lebih, maka pelunasan pembayaran premi harus dilakukan dalam tenggang waktu 30 (tiga puluh) hari kalender dihitung dari tanggal mulai berlakunya Polis;

2.1.2. jika jangka waktu pertanggungan tersebut kurang dari 30 (tiga puluh) hari kalender, pelunasan pembayaran premi harus dilakukan dalam tenggang waktu sesuai dengan jangka waktu pertanggungan yang disebut dalam Polis.

2.2. Pembayaran premi dapat dilakukan dengan cara tunai, cek, bilyet giro, transfer atau dengan cara lain yang disepakati antara Penanggung dan Tertanggung.

 

Penanggung dianggap telah menerima pembayaran premi, pada saat :

2.2.1. diterimanya pembayaran tunai, atau

2.2.2. premi bersangkutan sudah masuk ke rekening Bank Penanggung, atau

2.2.3. Penanggung telah menyepakati pelunasan premi bersangkutan secara tertulis.

 

2.3. Apabila premi dimaksud tidak dibayar sesuai dengan ketentuan dan dalam jangka waktu yang ditetapkan, Polis ini batal dengan sendirinya tanpa harus menerbitkan endosemen pembatalan terhitung mulai tanggal berakhirnya tenggang waktu tersebut dan Penanggung dibebaskan dari semua tanggung jawab atas kerugian sejak tanggal dimaksud. Namun demikian Tertanggung tetap berkewajiban membayar premi untuk jangka waktu pertanggungan yang sudah berjalan sebesar 20% (dua puluh per seratus) dari premi satu tahun.

 

2.4. Apabila terjadi kerugian yang dijamin oleh Polis dalam tenggang waktu sebagaimana dimaksud pada ayat (2.1.1.) dan (2.1.2.) di atas, Penanggung hanya akan bertanggung jawab terhadap kerugian tersebut apabila Tertanggung melunasi premi dalam tengggang waktu bersangkutan.

 

PSAKI

 

 

Premium Payment Clause

 

Notwithstanding any provision to the contrary within this contract or any endorsement hereto, in respect of non payment of premium only the following clause will apply.

 

The (Re)Insured undertakes that premium will be paid in full to (Re)Insurers within [ ] days of inception of this contract (or, in respect of instalment premiums, when due).

 

If the premium due under this contract has not been so paid to (Re)Insurers by the [ th] day from the inception of this contract (and, in respect of instalment premiums, by the date they are due) (Re)Insurers shall have the right to cancel this contract by notifying the (Re)Insured via the broker in writing. In the event of cancellation, premium is due to (Re)Insurers on a pro rata basis for the period that (Re)Insurers are on risk but the full contract premium shall be payable to (Re)Insurers in the event of a loss or occurrence prior to the date of termination which gives rise to a valid claim under this contract.

 

It is agreed that (Re)Insurers shall give not less than [ ] days prior notice of cancellation to the (Re)Insured via the broker. If premium due is paid in full to (Re)Insurers before the notice period expires, notice of cancellation shall automatically be revoked. If not, the contract shall automatically terminate at the end of the notice period.

 

If any provision of this clause is found by any court or administrative body of competent jurisdiction to be invalid or unenforceable, such invalidity or unenforceability will not affect the other provisions of this clause which will remain in full force and effect.

 

LSW3001

 

 

PrintFacebookTwitterLinkedInGoogle+PinterestTumblrBlogger PostBox.netWordPressEmailGoogle GmailYahoo MailYahoo MessengerMySpaceDiggBaidu

About the Author

has written 705 stories on this site.

29 Comments on “Telat bayar premi: Apakah polis otomatis batal?”

  • agus wrote on 4 February, 2012, 12:02

    bos mau tanya klo masa freelook itu di hitung nya darimana,masalahnya kan polis dkirim via pos jadi memerlukan waktu beberapa hari?apa dari masa aktif polis,seharusnya sih dihitung dari sejak pertama menerima polis,kan namanya juga freelook jadi polis harusnya bisa di pelajari.tolong jawaban jelas nya kirim ke email agushari0627@yahoo.com thx.,

  • bulan wrote on 31 May, 2012, 20:25

    Selamat Malam Pak,

    Dalam polis Marine Cargo, dimana keterangan yang menerangkan perihal pembayaran premi jika polis tidak mencantumkan WPC

    Terima kasih
    Betul tidak ada pengaturan WPC dalam Polis Marine Cargo, mungkin karena sebagian besar adalah dalam bentuk MOC atau kontrak yang didalamnya diatur secara khusus mengenai deklarasi dan WPC, untuk single shipment mungkin perlu diatur dalam klausul khusus / dibuat sendiri maksudnya

  • rIO wrote on 26 August, 2013, 23:46

    Mau tanya, peraturan pemerintah ataupun dasar lain apa saja yang mengatur tentang pembayaran premi, pembatalan pertanggungan dan outstanding premi?

    Lex generalis-nya ada di KUHD Buku I Bab IX Tentang asuransi atau Pertanggungan Seumumnya
    Lex specialis-nya tentu ada di Polis Asuransi masing-masing

  • Alvons wrote on 11 June, 2014, 15:15

    Siang mas Imam
    Melanjutkan pertanyaan saya di twitter beberapa waktu lalu berikut saya kembali menanyakan kasus premi tidak terbayar sbb :
    – Penutupan melalui broker
    – Polis Property All Risk
    – Premi tidak terbayar sampai batas akhir pembayaran
    – Premi sudah ditagih melalui surat
    – Pada saat dikirim surat pembatalan pihak broker memprotes dengan menunjuk klausula cancellation clause 30 days.
    Mohon pencerahan mas Iman untuk kasus ini perihal cancellation clause ini dan bagaimana hubungannya dengan batas waktu pembayaran premi di polis PAR.

    Terima kasih,
    Alvons

    Klausul Pembayaran Premi ada di Premium Warranty Clause (ini lex specialist-nya) umumnya berbunyi (kecuali dimodifikasi, coba check) bahwa kalo premi tidak dibayar maka polis otomatis batal.

    (catatan: pihak broker seringkali memodifikasi klausul ini dengan memasukkan kalimat “….dalam hal non-payment of premium, maka Penanggung harus memberitahukan pembatalan kepada pihak broker 30 hari sebelum pembatalan polis benar-benar dilakukan.”
    ya..begitulah broker they play safe padahal dia sendiri yang bertugas collect premium dan banyak pihak asuransi menyetujuinya (termasuk saya))

    Cancellation Clause : mengatur hak Tertangung maupun Penanggung bahwa mereka bisa setiap saat membatalkan polis (walaupun premi sudah dibayar walaupun tidak ada pelanggaran apa-pun) dengan (biasany) 30 days notice

    So, Please check the Policy and the Clauses.

  • Ricky wrote on 7 September, 2014, 15:02

    Selamat siang mas Imam

    Saya mau bertanya perihal keterlambatan membayar. Sya telat bayar asuransi saya 1,5 bulan. Apakah asuransi saya akan di matikan? Krn saya baru ingin membayar asuransi saya. Dan berapa lama masa tenggang waktu pembayaran pada waktu jatuh tempo pembayaran?

    Masa tenggang waktu pembayaran premi ditetapkan atau dicantumkan di Polisnya

    Lebih baik Bapak menghubungi perusahaan asuransi ybs untuk menanyakannya, apakah pembayaran premi dapat dilanjutkan atau tidak.

  • denis wrote on 19 September, 2014, 17:00

    selamat sore bpk / ibu yth, saya mau tanya jika saya ada asuransi marie hull dan jatuh tempo paling telat 60 hari nya = maret 12 dan saya bayar bulan = april 12 dekat mei 12 sedangkan saya ada pengajuan endos perpanjangan wpc di bulan = mei 12 dan di nyatakan tidak perlu endos dengan keterangan ( jika premi sudah di bayar polis berlaku lagi ) dan konfirmasi by phone dari pihak asuransi. dan pada saat klaim bulan = juli 12 saya di tanyakan kenapa telat bayar. jangka waktu cover asuransi nya jan 12- jan 13. pada saat itu pihak asuransi : 01. menerima full premi 02. tidak memberi endos pembatalan pada bulan setelah bayar 03. tidak ada pengembalian premi Apa klaim saya berhak di bayar atau tidak ? mohon pencerahan dan bantuan info nya dari bpk / ibu yth untuk masalah saya ini, terimakasih banyak atas bantuan nya.

    Klaim dibayar, Pak – sesuai dengan alasan yang Bapak kemukakan (1), (2) dan (3) tsb

    Catatan khusus: sudah ada kasus sejenis yang diputus oleh BMAI – dan klaim harus bayar dengan dasar pertimbangan persis seperti itu. Jadi kalo premi-nya diterima ya..klaimnya harus dibayar.. (khan klaimnya terjadi setelah premi dibayar??). kalo ngga mau bayar klaim ya.. preminya jangan diterima (logikanya begitu).

    kecuali klaim terjadi sebelum premi dibayar (dan setelah lewat grace period) – maka klaim ditolak

  • Rian wrote on 25 September, 2014, 14:29

    selamat sore mas imam, saya mau bertanya,saya sudah ikut axa mandiri selama 9 bulan dengan premi rp.1.500.000 perbulan.. dan di bulan 8-9 .. saya telat membayar 2 bulan,saya dihubungi oleh pihak axa klo polis saya sudah non aktif.. nah pertanyaannya apa saldo saya yg disana yg sudah senilai sekitar rp.9.700.000 memang sah di hanguskan begitu saja oleh pihak axa mandiri ?
    itu saja pertanyaan saya,mohon pencerahan atas pertanyaa saya ini,trima kasih mas.

    Kalo sudah 8-9 bulan pastinya sudah ada nilai tunai tapi mungkin masih kecil sekali, mungkin cuma 10% atau 20% dari 9.7 juta mungkin sekitar satu jutaan saja. silakan untuk menghubungi kantor AXA untuk minta penjelasan lebih lanjut mengenai perhitungan apakah ada nilai tunai -nya

  • iyus wrote on 19 November, 2014, 11:30

    mas imam, saya mau menanyakan , apakah bisa mengecek secara online untuk pembayaran premi yang sudah dibayarkan, mengingat asuransi ibu saya dalam pembayarannya titip dengan temannya, karena kami sudah pindah keluar kota. danteman ibu saya memang sudah membayarkannya namun memang kata teman ibu saya asuransi memang sedikit rumit, padahal sudah membayar tapi dikira belum. bisakah saya mengecek tntang hal ini sudah dibayar atau belum. ibu saya menggunakan asuransi bumiputera. trims

    Beberapa perusahaan asuransi sudah memiliki fasilitas pengecekan pembayaran premi online, Iyus
    Bumiputera kayaknya belum
    Jangan percaya begitu saja, cek ke kantor perusahaan yang bersangkutan dan tanyakan apakah premi sudah dibayar

    HALO BUMIPUTERA 08001881912
    http://www.bumiputera.com/

  • zul fikri wrote on 10 December, 2014, 18:19

    bila saya tak bayar premi dengan tujuan berhenti, adakah sangsinya. mohon penjelasaannya

    Kalo untuk asuransi jiwa : tidak ada sanksinya, Pak – mungkin saldo / nilai tunai akan berkurang (jika ada)
    Kalo untuk asuransi kerugian : tidak ada sanksinya (polis otomatis batal)

    Namun lebih bagus Bapak memberitahukannya tertulis kepada perusahaan asuransi bahwa nada akan berhenti / tidak membayar premi

  • suharsono wrote on 18 December, 2014, 20:36

    Kalau saya non aktif. Apakah uang yang sya bayarkan bisa di tarik kembali? Trims atas infonya

    Bisa, Pak jika sudah terbentuk nilai tunai (saldo)

  • vanny wrote on 7 January, 2015, 11:10

    mas imam saya mau tanya. bulan kemarin skitar tgl 5 des ada pihak dari ace jaya proteksi menelpon dg mnawarkan salah satu program dr penerbit KK yg sy pegang. Dia mnawarkan program kshtn gigi. singkat crita dia mnekankan penawaran tsb k sy dn sy bngung sblm nya dia mengetahui alamat kntr sy. sy jwb dg iya. krna sy bru prtama pgang KK. bgtu suami sy pulang sy jlaskan dan dia bilang batalkan. dan dia mnjelaskan itu pihak asuransi dan tdk ada krja sama dg penerbit KK sy. kbetulan kata penelpon itu bisa d batalkan dlm 90 hari krja. sy telp lah bsk pagi dg nmr yg dia beri,ga ada yg angkat,bgtu juga dg nmr yg dia gunakan nlp k sy. akhirnya keesokan harinya ad telp lg dr penelpon sebwlumx. dan sy jelaskan sy tidak mnyetujui asuransi apapun yg d tawarkan trmasuk asuransi yg kmrn. dan sy ga bersedia mmberikan data ulang saat dia minta. smpai kmudian pd tgl 22 des dtg krtu asuransi k kntr sy. sy betul2 sdh marah dg pihak asuransi ini. dan pd tgl 23 mengirimkan sms selamat bergabung dg ace dn sy di minta menghubungi CS ace. dan sy abaikan krn sy sdh kesal. ketika sy cek di internet terdapat kejanggalan. alamat yg d cantumkan adlah alamat sudirman office. alamatx sama tp yg janggal nmr telp nya berbeda. di website ace nmr tlp na adlh +62 21 52998200 dgn fax +62 21 5211801. sedangkan yg sy terima nmr tlp na tercantum +62 21 29950800 dgn fax +62 21 5211803. bgmn bsa berbeda sedangkan alamat sama. kemudian sy terima sms lg dr ace pemberitahuan sy blm byr premi sebesar yg tertagih. yg sy tanyakan kalau sy tdk byr premi tersebut apa sangsix? apakah tertutup otomatis?? dan knp bisa ad perbedaan contact? dan saat sy mau melakukan pembatalan knp tlp tsb susah di hubungi?? teima kasih sebelumnya.

    Nomor telpon yang berbeda (kemungkinan karena) pihak yang menawarkan asuransi adalah pihak ketiga (perusahaan lain yang bekerja sama dengan ACE)

    Ya, demikianlah praktik-praktik penawaran asuransi (produk) melalui telpon (walaupun OJK sudah melarangnya), dengan melakukan debit secara otomatis melalui KK (atau Kartu Debet) maka tagihan premi secara otomatis tertagih (terdebet) setiap bulan.

    Sebenarnya tidak ada sanksi dari perusahaan asuransi, tapi karena utang premi tertagih otomatis di KK maka Bapak akan ditelponin “debt Collectors” nya si KK, karena tidak bayar tagihan.

    Untuk berhenti silakan telpon ke CS KK minta batalkan otomatis debet-nya, juga telpon ke CC Asuransi minta batal asuransi-nya. mungkin tidak bisa langsung ditutup karena tagihan bulan berikutnya sudah muncul dan harus dibayar (memang begitulah ribetnya berhenti langganan otomatis – yang mungkin disengaja oleh para pihak-pihak tsb).

    Pokoknya katakan TIDAK sajalah pada penawaran asuransi melalui telpon

  • Fahmi Rijal wrote on 19 February, 2015, 18:12

    permisi mas, saya ingin bertanya.
    saya mendaftar asuransi pendidikan dengan jangka waktu 15tahun dengan hasil 90juta.premi 500rb/bulan.
    sudah hampir 3tahun berjalan, saya ingin membatalkan polis tsb. dan menarik seluruh uang saya dari asuransi trsebut. apakah bisa???
    terima kasih sebelumnya :)
    FYI asuransi pendidikan takaful

    Membatalkan tentu saja bisa
    Namun Saldo (Nilai Tunai) yang tersedia atau yang dapat ditarik tentu tidak semua iuran yang telah disetor alias setelah dikurangi premi risiko. untuk keterangan berapa nilai tunai yang dapat ditarik Fahmi dapat minta penjelasan dari CO ybs

  • Dana Marianto wrote on 7 March, 2015, 11:48

    Siang pak…
    Saya mau tanyak polis saya suda mati selama 6 bulan dan tiba2 dalam 6 bulan axa mandiri menarik uang saya untuk pembayar selama 3 bulan  tampa memberi informasi terlebih dahulu kepada saya mohon di jelaskan…
    Trima kasih 

    Aturannya memang demikian, Pak
    Saldo (Uang Tunai) yang tersedia akan diambil untuk membayar premi risiko yang terhutang

  • riez-tha wrote on 13 March, 2015, 13:47

    siang Pak…
    saya mau tanya, saya mengikuti asuransi sinarmas untuk mobil saya dan sudah berjalan 5 bulan. tetapi saya ingin membatalkan atau memberhentikan asuransi tersebut. nah bagaimana cara membatalkannya pak? mohon penjelasannya…
    terimakasih

    Tinggal telpon ke Customer Service-nya, atau email menyatakan bahwa Polis Nomor sekian minta dibatalkan per tanggal sekian dan mohon premi dikembalikan ke nomor rekening…..a/n….

    maka perusahaan asuransi akan segera memproses-nya

  • shinta wrote on 17 March, 2015, 17:49

    sore paa

    saya mau bertanya .. agustus 2014 saya ditawarkan ikut prudential kesehatan oleh perawat RS saya, saya di bujuk. ending nya saya terpaksa ikut, sy ikut premi 750rb/bln, dan saya sdh dapat kartu nya. setelah beberapa minggu saya ikuti , org tua saya tidak setuju utk ikut asuransi krn belom merasa butuh. lalu saya bilang behenti ke perawat yang menawarkan pruden ke saya. perawat it bilang tidak masalah bila behenti. tapi semalam maret 2015 perawat itu datang lagi kesaya utk membujuk saya utk ikut ttp bayar polis. dia bilang sama saya bahwa dia sudah ada 40 nasabah dan salah satu nya saya, tp krn saya bermasalah ( berhenti begitu saja) membuat karier dia jelek di pruden. perawat itu memaksa saya utk ikut membayar premi tunggakan bulan september 2014 – maret 2015 , dengan alesan di prudential tidak bs berhenti begitu saja karana belum 1 tahun. jadi saya di haruskan membayar premi selama 1 tahun baru bisa behenti. dan tepat satu tahun, bila behenti saya tidak mendapat saldo saya. yang saya tanyakan ” apa harus seperti itu ketentuan dalam asuransi, harus 1 tahun baru kita bisa berhenti polis ? dan saldo tidak akan kembali setelah satu taun behenti? tolong jelas kan paa… makasi pa

    TIDAK Demikian
    Berhenti boleh kapan saja, tidak ada larangan bahkan sebelum bayar premi pun boleh berhenti

    NAMUN iuran yang sudah dibayarkan jika kurang dari 2 tahun biasanya belum ada saldo / uang tunai sehingga tidak ada pengembalian

    JADI kalo mau berhenti segera berhenti saja karena semakin lama semakin rugi

  • irma wrote on 30 March, 2015, 13:58

    Selamat siang pak….

    saya mau bertanya tentang perihal keterlambatan pembayaran,untuk pembayaran asuransi saya dibayarkan setiap 3 bulan sekali,semisal dihitung untuk pembayaran terakhir di bulan Desember jadi saya akan membayar kembali di bulan Maret,saya telat membayar asuranasi saya 1bulan,apakah asuransi saya akan dimatikan krna saya berencana bayar di bulan aprilnya. Tolong Jelaskan……dan terimakasih.

    (Secara hukum) Keterlambatan bayar premi menyebabkan polis mati (batal) secara otomatis
    Segera hubungi perusahaan asuransi ybs untuk memohon penangguhan pembayaran, jika mereka setuju maka polis akan “aktif” lagi

    (Imam MUSJAB)

  • cinta rahmat wrote on 30 March, 2015, 20:48

    Saya sudAh ikut asuransi commlife sekitar 2 thn lebih,premi nya 350rb/bulan/satu tanggungan.saya bayar untuk 3tanggungan, uang saya sekitar 24.000.000.pertanyaan saya kalau saya berhenti bayar premi,apakah uang saya hangus begitu saja?mohon penjelasannya.

    Tidak hangus, Pak
    Pastinya sudah ada Nilai Tunai (Cash Value) yang sudah terbentuk – yang akan dikembalikan ke Bapak
    (Namun Nilai Tunai tersebut pasti lebih kecil dari Rp24juta, mungkin cuma 50% nya saja – silakan Bapak hubungi CS CommLife untuk menanyakan bera pa Nilai Tunai yang Bapak peroleh jika Bapak berhenti)

    (Imam MUSJAB)

  • mega sutri wrote on 17 April, 2015, 10:08

    Saya sudah ikut axa kurang lebih 6-7 tahun trs krn ada sesuatu hal saya ga bayar selama 1 tahun trs bagaimana nasib uang saya pak…?

    Segera Telpon Customer Service AXA dan tanyakan saldo Ibu untuk ditransfer (jika ada)
    Saya kurang jelas AXA yang mana, mungkin yang ini?

    AXA INDONESIA

    AXA Tower Ground Floor
    Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18 Kuningan City
    Jakarta 12940, Indonesia
    Jam Operasional: Senin-Jumat 08.00-17.00
    Kantor Pusat: +62 21 3005 8899

  • Anonymous wrote on 28 April, 2015, 8:11

    Saya baru ikut asuransi commlife selama 10 bln jika saya berhenti uang yg saya bayarkan bisa saya ambil atau hangus

  • ainul zulfidah wrote on 28 April, 2015, 8:15

    Saya baru ikut asuransi commlife selama 10 bln jika saya berhenti uang yg saya bayarkan bisa saya ambil atau hangus

    Ibu bisa menanyakannya ke CS CommLife. semoga masih ada saldo tunai-nya
    (tapi umumnya sih tidak ada saldonya alias hangus)

  • Triono wrote on 9 May, 2015, 19:40

    Saya ikut Polis Asuransi BumiPutra membayar premi sejak th 2002 s/d 2005 (Triwulan )untuk dana pendidikan Anak ,sejak tahun 2006 sampai sekarang saya tidak membayar premi ,karena saya ingin berhenti ,apakah uangnya bisa diambil kalau memang bisa ambilnya dimana?

    Bapak telpon CS nya atau langsung saja ke kantornya
    Hubungi Halo Bumiputera 0800 188 1912 ! (bebas pulsa)
    http://www.bumiputera.com/listlocation/location/contact_us/our_locations/0

  • ayi rohimat wrote on 17 May, 2015, 21:45

    mas imam, sy pernah ikut asuransi bumiputra di sidoarjo jawa timur pada tahun 2009 dengan premi per triwulannya sekitar 300.000 rupiah. dan baru berjalan 3 x Rp. 300.000 (atau sekitar 9 bulan) artinya secara finansial, sy sudah masuk uang sekitar Rp.900.000, namun berhubung kondisi saat itu saya tidak bisa lanjutkan membayar asuransinya, dan saya pulang ke garut jawa barat sampai dengan sekarang. apakah uang yang pernah disetorkan sy bisa kembali utuh? atau seperti apa nasibnya? jika bisa diambil, apasaja yang harus saya siapkan…. mohon pencerahannya. trimakasih

    Saya yakin tidak ada nilai tunai (atau saldo-nya), Pak
    Namun untuk memastikannya Bapak bisa hubungi Asuransi Bumi Putera tanyakan ke CS nya dengan menyebutkan nomor polis Bapak

    Layanan “Halo Bumiputera” selama 24 jam ini, menjawab semua kebutuhan informasi yang Anda butuhkan. Baik untuk asuransi syariah, asuransi perorangan, maupun asuransi kumpulan. Hubungi Halo Bumiputera 0800 188 1912 ! (bebas pulsa)
    http://www.bumiputera.com/pages/default/customer_service/halo_bumiputera_08001881912/0

  • rinno wrote on 28 May, 2015, 6:46

    Pak mo nanya klo saya baru ikut prudensial bayar premi baru sekali klo saya mau stop saya terkena sanksi ga ya?

    Tidak ada sanksi Rinno, Tapi preminya hangus alias tidak balik lagi
    (lebih baik berhenti sekarang dari pada berhentinya nanti setelah bayar beberapa kali)

  • inee wrote on 30 May, 2015, 5:58

    Mas mau tanya saya baru banget ikut aia . Saya mau stop karna saya ragu dan keluarga juga ga ngijinin untuk ikut asuransi. cara buat pembatalan nya gimana yaa .. supaya ga terpotong terus di bulan2 berikutnya dari atm. Apa ada sangsi nya kalo saya berhenti tanpa pemberitahuan ?? Dan apa jika saya ga bayar apa otomatis bakal di stop polis nya

    Lebih baik berhenti sekarang daripada nanti
    Tidak ada sanksi untuk berhenti asuransi, tapi duit yang sudah disetor tidak balik karena saldo belum ada (premi-premi awal adalah untuk membayar biaya akuisisi perusahaan dan dana proteksi yang hangus), tidak ada nilai investasi yang terbentuk

    untuk yang pembayarannya debit otomatis, tidak boleh diam saja karena dana akan otomatis terdebet

    untuk pembatalan segera telpon CS AIA (atau agent ybs) dan sampaikan untuk berhenti suapaya dana tidak terdebet (umumnya premi satu bulan beriktnya sudah langsung terdebet)

    AIA Customer Care
    Kantor Pusat
    Menara Matahari, Lt. 8
    Jl. Bulevar Palem Raya No. 7
    Karawaci, Tangerang 15811
    Customer Care Line: 1500 980
    Fax :(62-21) 547 5409
    id.customer@aia.com

    http://www.aia-financial.co.id/id/customer-support/contact-us/address-customer-care/

  • eliska dewi wrote on 12 June, 2015, 22:20

     saya ikut asuransi AIA INSURANCE , saya gabung tgl 15 mei 2015 , Tgl 15 juni 2015 saya hrs membayar uang premi 300rb , wkt itu saya d tawari di bank BCA pada saat itu saya seperti d paksa oleh agennya, makannya saya iyakan.saja.. 
    Skrng saya mau menutup polis saya?apa saya tetap kena pinalti? Lalu apa yg hrs d lakukan ? Tlng penjelasannya pak.. 

    Berhenti tidak kena pinalti, Namun jika Dewi membayar melalui Auto Debet Kartu Kredit atau Tabungan mungkin premi bulan berikutnya sudah terdebet. Maka segeralah telpon CS AIA dan minta berhenti, biasanya disuruh ngisi formulir pembatalan polis. (Premi yang sudah dibayar akan hangus)

    AIA Customer Care
    Kantor Pusat
    Menara Matahari, Lt. 8
    Jl. Bulevar Palem Raya No. 7
    Karawaci, Tangerang 15811
    Customer Care Line: 1500 980
    Fax :(62-21) 547 5409
    id.customer@aia.com

    http://www.aia-financial.co.id/id/customer-support/contact-us/address-customer-care/

  • mulyono wrote on 13 June, 2015, 7:26

    Tgl 21 mei 2015, Saya ditawari asuransi sunlife via telemarketing, berhubung sedang tergesa gesa saya iyakan,  lalu kartu kredit saya terdebet,  saya ingin membatalkannya, apa yang harus saya lakukan? Mohon pencerahannya
    Terima kasih

    Segeralah Berhenti tidak kena pinalti, mungkin premi bulan berikutnya sudah terdebet. Maka segeralah telpon CS SUnLife dan minta berhenti, biasanya disuruh ngisi formulir pembatalan polis. (Premi yang sudah dibayar akan hangus)

    Customer Service Center
    1 500786 (1 500SUN)
    Fax (021) 2966 9806

    Email: sli_care@sunlife.com

    Customer Service Center Jakarta
    Menara Sun Life Lantai Dasar
    Jl Dr Ide Anak Agung Gde Agung Blok 6.3
    Kawasan Mega Kuningan – Jakarta Selatan 12950

    http://www.sunlife.co.id/indonesia/Contact+us?vgnLocale=en_CA

  • dina wrote on 24 June, 2015, 8:45

    Mas numpang tanya.. saya ikut asuransi axa mandiri.. sudah bayar sekali tapi di bulan pertama dan kedua saldo sengaja saya kosong kan sehingga premi tidak tersebut.. asuransi itu udah otomatis g aktif ato gmn? Trus uang saya kembali ngga? Apakah sekali saya mau off sekarang.. premi yg tak terbayarkan kemarin aakan tetap terdebet kalo d tabungan ada uangnya? 

    Bisa jadi nanti kalo tabungannya terisi akan terdebet otomatis.
    Segera saja telpon CS Axa Mandiri dan isi formulir pembatalan polis. premi yang sudah dibayar tidak kembali lagi alias hangus

    Customer Care Centre
    AXA Tower lt. GF
    Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Kuningan City
    Jakarta 12940, Indonesia
    Tel: +62 21 3005 8788
    Fax: +62 21 3005 7800
    Email: customer@axa-mandiri.co.id

    https://www.axa-mandiri.co.id/layanan-nasabah/customer-care-center/

  • saropah wrote on 29 June, 2015, 14:24

    Pak, saya sudah 3 tahun menjadi peserta asuransi Alianz. Pembayaran premi saya titip ke agennya. Bagaimana saya mengetahui total setoran yang sudah saya bayar.Terima kasih

  • saropah wrote on 29 June, 2015, 14:25

    Pak, saya sudah 3 tahun menjadi peserta asuransi Alianz. Pembayaran premi saya titip ke agennya. Bagaimana saya mengetahui total setoran yang sudah saya bayar.Terima kasih.

    Telpon CS nya Pak tanyakan apakah polis aktif dan berapa saldo (NAV) nya?
    PT Asuransi Allianz Life Indonesia
    Allianz Tower
    Jl. HR. Rasuna Said
    Kawasan Kuningan Persada Super Blok 2
    Jakarta 12980
    Indonesia
    Tel: +6221-2926 8888
    Fax: +6221-2926 8080
    Email : Contactus@allianz.co.id

    http://www.allianz.co.id/layanan/customer-service#alamat-allianz

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2015 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.