MALCOLM MCLEAN: “THE FATHER OF CONTAINERIZATION”

Kontener yang padanan kata Inggrisnya “container” memiliki definisi yang kurang lebih sama dari beberapa rujukan kamus terkenal, yaitu:

• “a large metal box of a standard design and size used for the transport of goods by road, rail, sea, or air” (http://www.oxforddictionaries.com/definition/english/container); atau

• “a large box that goods are placed in so that they can be moved from one place to another on a ship, airplane, train, or truck” (http://www.merriam-webster.com/dictionary/container)

Sayangnya, definisi kata “kontener” tidak ditemukan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kecuali jika kita mencari definisi kata “truk” akan ditemukan salah satu contoh yang merujuk ke “truk kontener”.

Padanan kata “container” dapat kita temui dalam kamus “A Comprehensive Indonesian – English Dictionary” karya Alan M. Stevens & A. Ed. Schmidgall-Tellings, Edisi Kedua, 2010, terbitan Ohio University Press) yang tertulis:

• Konte’ner (E) container: peti kemas

Arti petikemas inilah yang sudah familiar dalam benak kita apabila kita melihat suatu benda persegi panjang yang terbuat dari besi dengan 2 pintu di sisi belakang dalam keadaan ditarik oleh truk di jalan raya. Atau benda yang sama dalam keadaan tertata di atas kapal laut atau tertata di suatu lapangan terbuka yang biasanya berdekatan dengan pelabuhan. 

Dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari pun banyak menggunakan kotak penyimpanan yang umumnya terbuat plastik dan sering disebut sebagai “kontener”. Terminologi kontener dalam konteks ini mengacu ke definisi yang sederhana, yaitu: 

• “an object (such as a box or can) that can hold something” (http://www.merriam-webster.com/dictionary/container

Tulisan singkat ini sedikit mengulas sejarah “kontener” sebagai peti kemas yang banyak digunakan dalam proses pengiriman barang.

Tahukan anda, siapa sebenarnya yang dianggap menciptakan petikemas?

Adalah Malcolm MacLean seorang pengusaha yang bergerak di bidang pengangkutan darat (transporter) dengan nama McLean Trucking yang memiliki sedikit pengatahuan di bidang shipping tapi adalah pengusaha trucking dengan fleet terbesar ke 5 di Amerika Serikat pada tahun 1956. Jumlah armada truknya saat itu adalah 1,776 buah dan memiliki 37 terminal atau depo.

Dengan pengalaman menjalankan bisnisnya, McLean membeli perusahaan Pan Atlantic Oil Tanker yang memiliki kapal tanker yang sudah karatan. Kemudian McLean mengubah nama perusahaan pelayaran yang ia beli menjadi Sea-Land Inc. dan memodifikasi 2 kapal tanker yang bernama “IDEAL-X” dan “ALMENIA”. Kapal-kapal inilah yang digunakan untuk mengangkut kontener pada pelayaran pertamanya

Pelayaran pertama kapal “IDEAL-X” dimulai pada tanggal 26 April 1956 dengan mengangkut 58 kontainer dan 15,000 ton muatan curah petroleum dari Newark ke Houston. Ukuran petikemas saat itu adalah 35 feet long.

Selanjutnya, McLean memodifikasi kapal tanker lainnya menjadi kapal yang hanya mengangkut kontener dengan nama “MAXTON”.

Pada April 1966, perusahaan United States Lines (USL) memulai pelayaran pertama menyeberangi samudra Atlantik yang mengangkut kontener. Tetapi, mereka hanya mengangkut kontener 140 x 20” kontener dan muatan konvensional setiap minggunya dengan kapal “AMERICAN RACER”.

Sebulan kemudian, Sea-Land Inc mengikuti dengan pelayaran pertamanya ke Eropa yang hanya mengangkut kontener dengan kapal “FAIRLAND”. Kapal ini berangkat dari Port of Elizabeth, New Jersey pada tanggal 23 April 1966 dengan mengangkut 226 x 35” kontener dan tiba di Rotterdam pada tanggal 3 Mei 1966.

Dalam perjalanannya, group usaha ini dijual ke Maersk pada akhir tahun 1990an dan nama perusahaannya menjadi Maersk Sea-Land Inc.

Ada juga beberapa referensi yang mengatakan bahwa kontener sebenarnya sudah digunakan pada masa Perang Dunia 1 namun belum mengemuka dan berkembang untuk kebutuhan komersial, misalnya ketika tentara Amerika Serikat menggunakan kontener untuk mengirim amunisi ke Eropa.

Pada tahun 2000, Malcolm McLean dianugerahi penghargaan “Man of the Century” oleh International Maritime Hall of Fame, setahun sebelum beliau menghembuskan nafas pada Mei 2001, di usianya yang ke 87 tahun.

Patut juga diapresiasi adalah, penggunaan kontener menjadi universal meski McLean sudah mempatenkan temuannya tetapi ia mengijinkan penggunaannya secara gratis.

(Dirangkum dari banyak sumber oleh Neng Nong Ara)

any inquiry or discussion please call:

Novy Rachmat Triana 
(Praktisi Asuransi Pengangkutan)
+62 812 8384 7774

About the Author

has written 1649 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.