Hati-hati, Beragam Modus Penipuan Asuransi

“Nomor mesin mobil dan nomor rangka mobil dipotong lalu dlmutasikan ke kendaraan bermotor yang lain,” tutur Petrus pada acara Dialog Eksklusif Warta Kota bertema Cara Mudah Mengurus Klaim Asuransi di Gedung Kompas-Gramedia, Palmerah Barat, Selasa Selain Itu, ada Juga penipuan asuransi yang terjadi dengan mengajukan laporan kehilangan kendaraannya untuk mendapatkan dana asuransi, padahal motor atau mobilnya tidak hilang. Oknum nasabah asuransi itu mendapat dana klaim asuransi dari perusahaan asuransi dan kendaraannya tetap berada di tangannya. Nasabah itu lalu memalsu BPKB mobil barunya itu untuk mengajukan polis asuransi di perusahaan asuransi lain.

Asuransi kendaraan bermotor, bagi sl pemilik, merupakan cara aman menjaga kendaraan miliknya dari kehilangan atau kerusakan yang diakibatkan oleh hal-hal tertentu. Namun, terkait asuransi Ini, tak sedikit kasus kejahatan yang muncul yang menyebabkan kerugian terutama di pihak nasabah.

Oknum pegawai asuransi atau penyedia pembiayaan kendaraan bermotor dan sindikat pencurian kendaraan bermotor disinyalir sebagai biang keladlnya. Menurut Perwira Urusan (Paur) Tata Usaha BPKB Iptu Petrus Suharjono. modus kejahatan yang kerap terjadi dan berkaitan dengan asuransi kendaraan antara lain membeli surat-surat kendaraan bermotor yang mengalami kecelakaan berat.

“Nomor mesin mobil dan nomor rangka mobil dipotong lalu dlmutaslkan ke kendaraan bermotor yang lain,” tutur Petrus pada acara Dialog Eksklusif Warta Kota bertema Cara Mudah Mengurus Klaim Asuransi di Gedung Kompas-Gramedla, Palmerah Barat, Selasa Selain Itu, ada Juga penipuan asuransi yang terjadi dengan mengajukan laporan kehilangan kendaraannya untuk mendapatkan dana asuransi, padahal motor atau mobilnya tidak hilang.

Oknum nasabah asuransi itu mendapat dana klaim asuransi dari perusahaan asuransi dan kendaraannya tetap berada di tangannya. “Ada lagi nasabah nakal dengan modus operandi membeli mobil dengan sistem kredit. Nasabah itu lalu memalsu BPKB mobil barunya itu untuk mengajukan polls asuransi di perusahaan asuransi lain. Pihak asuransi yang tidak Jeli, akan menerima BPKB palsu tersebut,” Jelasnya.

Ketika pembayaran kredit mobil Itu macet dan mobil ditarik perusahaan leasing, lanjul Petrus, pemilik kendaraan akan membuat laporan pencurian. Bermodalkan laporan polisi tersebut, nasabah akan mengklaim asuransi kehilangan. Padahal, mobilnya ditarik perusahaan leasing.

“Setelah dana asuransi cair, pihak asuransi akan kesulitan mengambil mobil di leasing, karena yang diagunkan adalah BPKB palsu. Dalam hal Ini perusahaan asuransi menjadi korban penipuan nasabah.” tuturnya. Soal dugaan oknum perusahaan leasing yang nakal Juga mengemuka pada acara dialog kemarin. Seorang peserta dari Depok, Heri, mengatakan, belakangan ini di wilayahnya kerap terjadi pencurian sepeda motor yang telah lunas kreditnya. Ia menduga hal Itu terjadi karena ada oknum leasing yang nakal. Sebab, yang tahu bahwa motor itu sudah lunas selain sl pemilik ya orang leasing.

“Bahkan, ada perusahaan asuransi yang menyarankan, bila terjadi pencurian, Jangan melapor ke polisi dulu, tetapi langsung kepada dirinya.” tuturnya. Menanggapi hal ini, Petrus mengatakan, masyarakat seharusnya segera melaporkan kejadian Itu (kendaraan hilang selang beberapa waktu setelah kredit lunas-Red). “Ini bisa merupakan kerjaan sindikat. Karena itu, laporkanlah. Apalagi bila Itu terjadi beberapa kali dan di suatu kawasan tertentu,” tandasnya, (tan/sab)

http://bataviase.co.id/node/151779

PrintFacebookTwitterLinkedInGoogle+PinterestTumblrBlogger PostBox.netWordPressEmailGoogle GmailYahoo MailYahoo MessengerMySpaceDiggBaiduTechnotizie

About the Author

has written 520 stories on this site.

4 Comments on “Hati-hati, Beragam Modus Penipuan Asuransi”

  • Hendro Prasetyo wrote on 12 October, 2010, 11:41

    Pada akhirnya, memang yang paling penting adalah moralnya. Bila moral ingin cepat untung dan menghalalkan segala cara masih marak, apa pun bisa terjadi. Asuransi, terlebih lagi asuransi kerugian/umum, memang salah satu yang paling rentan terkena modus penipuan.  Dengan kerja sindikat yang rapi, perusahaan asuransi paling awas sekalipun bisa kecolongan.

  • Korban Penipuan AIA wrote on 8 March, 2013, 17:23

    Saya juga sama, ditawari asuransi pendidikan AIA via BCA dgn debet dari tabungan BCA. Awalnya emang disebutkan keuntungannya, tiap bulan dipotong 400rb selama 7 tahun, dan tidak boleh diambil, baru tahun ke 8 boleh diambil, diiming-imingi dpt pengembalian dana 48jt, dan kalo pun tidak segitu msh dpt 34jt. Secara matematis klo kita nabung secara reguler 400rb selama 7thn, tabungan kita akan berjumlah 33,8jt. Dan saya yakin, begitu 7 thn, saya ga bakalan dikasih 48jt, paling banter dikasih 34jt (cuma untung 200rb dibanding kita nabung secara reguler selama 7tahun).

    Kesalahannya, sang agen hanya menawarkan keuntungannya doang, pas saya terima surat perjanjian dalam polis. ternyata kita ditipu mentah2. untuk yg berhenti ditengah jalan 1thn dipotong 95% dari premi yg sudah disetor, 2thn dipotong 90% dari uang yg tlah disetor, 3thn dipotong 85%, dst.

    Seandainya kita udh setor selama 1 thn (400rb x 12 bulan = 4.800.000), dan karena misalkan kondisi keuangan kita memaksa kita tidak bisa melanjutkan asuransi ini, maka kita dikenai biaya seperti yg saya jelaskan diatas. artinya dari 4,8jt itu dipotong sebesar 95%, berarti uang yg kembali ke kita cuma dapat 240rb perak, dan pihak AIA dapat 4.560.000, sungguh babi nih asuransi. mulai skrg kagak percaya deh yg namanya asuransi2 an.

    untungnya pas baca surat perjanjian polis, buru2 saya kuras deh tabungan BCA saya dan saya alihkan ke rek bank lain, daripada nanti di debet terus. dengan tidak membayar premi, nantinya kan perjanjian asuransi ini akan gugur dengan sendirinya selama batas waktu yg telah ditentukan oleh AIA itu sendiri, makanya rekening BCA saya dikosongkan, agar tidak terdebet, dan premi tdk akan saya bayar, biar gugur asuransinya.

  • Korban Penipuan AIA wrote on 8 March, 2013, 17:27

    Dan alhamdulilah, rekening saya belum terdebet 1x pun, karena buru2 saya kuras dan saya alihkan rekening tabungannya ke rekening bank lain.

    ha..ha..hati-hati jangan tertipu lagi..

  • Anonymous wrote on 27 April, 2013, 22:27

    saya juga d tawari dg membayar 500rb

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2014 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.