Jenis-Jenis Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurances)

Asuransi pengangkutan barang (marine cargo) tersedia dalam berbagai jaminan (clauses) baik melalui darat, laut dan udara untuk berbagai jenis kargo / muatan baik curah, liquid, padat, general cargo, mineral, dan lain-lain, yaitu:

Institute Cargo Clauses A / B / C

atau untuk PSAPBI Jaminan Satu / Dua / Tiga dalam versi bahasa Indonesia, adalah untuk jaminan asuransi pengangkutan barang-barang general cargo baik dalam kontainer maupun curah seperti besi-besi, kain, beras, makanan dan minuman dan sebagainya, Institute Cargo Clauses A / B / C  berlaku untuk shipment by sea juga untuk inland transit.

Baca selengkapnya : ·Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance) – bahasa Indonesia

Institute Cargo Clauses (Air)

Jaminan asuransi pengangkutan barang-barang melalui udara (air cargo)

Institute Coal Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan batu-bara yang umumnya menggunakan kapal tongkang (barge) dan kapal tunda (tug boat) di perairan Indonesia ataupun menggunakan kapal curah (bulk carriers) ke luar negeri.

Baca selengkapnya : Asuransi Pengangkutan Batu Bara

Institute Bulk Oil Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan minyak seperti solar, premium, kelapa sawit (CPO) mineral cair lainnya yang menggunakan kapal tanker. Klausul ini menjamin Kebocoran dari pipa penghubung pada saat “loading, transshipment or discharge” dan Kontaminasi yang disebabkan oleh “cuaca buruk”

Institute Frozen Food / Meat Clauses

Jaminan asuransi pengangkutan makanan atau daging beku seperti es krim, keju, daging, ikan, dan makanan olahan lainnya yang menggunakan reefer container. Klausul ini menjamin kerugian akibat malfunctioning dari mesin temperatur kontainer.

Untuk berbagai jenis komoditas lainnya seperti coklat, kopi, kapas, gula, karet dan lain-lain dapat menggunakan Institute Cargo Clauses A / B / C atau dapat juga menggunakan Institute FOSFA Trade Clauses

Wordings & Clauses Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurance)

– download here

Baca lebih lengkap tentang:

Untuk konsultasi dan keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:

Imam MUSJAB – Telp: +628128079130 – Email: imusjab@qbe.co.id  or  imusjab@gmail.com

picture: internet

About the Author

has written 1635 stories on this site.

7 Comments on “Jenis-Jenis Asuransi Pengangkutan Barang (Marine Cargo Insurances)”

  • spencer Rachman wrote on 30 July, 2012, 17:22

    Polis kami ICC A dgn exclusion : moulding,sweat,rotten
    KAMI MEMILIKI 2 polis yg ditempatkan pada 2 (dua) perusahaan asuransi yaitu :
    1.)China Taiping
    2.)Tokio Marine
    Pada saat terjadi klaim Tokio Marine bersedia membayar dgn catatan klaim disebabkan oleh adanya external factors , sebaliknya China Taiping tidak memperdulikan /mengabaikan faktor apapun.
    Kesimpulan kami : terjadi dualisme dlm treatment klaim tsb , mohon kiranya bapak dapat mengklarifikasi keadaan mana yg benar,apakah treatment Tokio atau China ? terima kasih atas petunjuk bapak ,salam

    “Moulding, Sweat, Rotten” adalah Pengecualian Tambahan yang umumnya diberlakukan oleh Asuransi mengacu ke jenis-kargo tertentu yang karena sifatnya dapat mengalami kerugian “Moulding, Sweat, Rotten” tanpa adanya accidental damage / external factors. Namun jika “Moulding, Sweat, Rotten” disebabkan oleh external factor / accidental maka kerugian tersebut menjadi dijamin. menurut saya Tokio Marine yang benar

  • retno wrote on 17 October, 2012, 17:32

    Yth, Bapak Imam
    Kami akan menutup asuransi pengiriman Ikan Basah ( frozen Meat) ke suatu daerah dengan memakai freezer mohon informasinya pak, apa saja dokumen pendukung dan klausula apa saja yang harus dibutuhkan/dilekatkan untuk meminimalis resiko, mengingat barang ( ikan) tersebut mudah membusuk dan dikawatirkan freezer mati, kami tunggu jawaban bapak. terima kasih

    Institute Frozen Food / Meat Clauses menjamin kerugian akibat malfunctioning dari mesin temperatur kontainer.

    klausula apa saja yang harus dibutuhkan/dilekatkan untuk meminimalis resiko? dari sisi underwriters biasanya tidak ada klausul tambahan lagi karena memang intensi klausul ini adalah menjamin jika freezer mati / malfunctioning

    yang harus diperhatikan mungkin adalah kondisi reefer dan maintenance-nya

  • Sufian Mohd yusof wrote on 17 January, 2013, 10:02

    Apakah condition yg perlindungan marine cargo binatang hidup..contohnya anak ayam..

  • opik074 wrote on 30 May, 2013, 11:14

    Nice Blog Mas,
    asal cari keyword asuransi, pasti ketemu ahliasuransi.com.

    well played 😉

    Terima Kasih, Opik

  • sudung wrote on 18 January, 2016, 18:23

    Yth Bpk. Imam,

    selamat sore pak Imam. saya mau tanya, jika ada pengiriman kendaraan atau mobil yang akan dikirim dari Gudang A (Jakarta) menuju beberapa gudang yang ada di Daerah di Indonesia. contoh mobil mau dikirim dari Jakarta ke Papua.
    Mobil tersebut berangkat dari Gudang A menuju pelabuhan Tg. Priok dan dibawa oleh sopir Expedisi. Setelah di Pelabuhan Tg. Priok, mobil tsb dimasukan ke Container utk dikirim ke Pelabuhan di Papua. Setibanya di Pelabuhan Papua, mobil tersebut dibawa melalui jalur darat oleh sopir expedisi juga yang sudah standby di Papua untuk menuju Gudang B yang jaraknya cukup jauh sekitar 120 KM dari Pelabuhan. Yang ingin saya tanyakan adalah Asuransi apakah yang cocok untuk case ini, karena ketika pakai asuransi cargo, beberapa perusahaan asuransi menolak kendaraan dibawa oleh supir dari Expedisi, beberapa asuransi mewajibkan harus masuk container dalam pengirimannya sedangkan kondisi di papua tidak memungkinkan untuk dibawa pakai container, jadi harus dibawa oleh sopir. Ataukah Case spt ini bisa juga menggunakan asuransi Kendaraan saja dengan periode pendek (Short Period). Terima kasih.

    Sebenarnya asuransinya ada 2 yaitu asuransi kendaraan bermotor (PSAKBI) dan pengangkutan barang (marine cargo) – sudah banyak yang bisa dibuat dalam satu polis bundle saja dengan menambahkan jaminan / klausul ” “Termasuk pengangkutan melalui laut dan self-drive atau dibawa oleh sopir”

  • Trisno wrote on 15 February, 2016, 17:26

    Pak Saya boleh mita tolong , minta klausul Institute frozen food yang bilingual.?

    Terimakasih Pak

    Belum ada terjemahannya, Pak

  • RADITH wrote on 20 September, 2016, 16:35

    Sore Pak, bisa bantu kasih wording nya Self Drive pada asuransi cargo tersebut diatas, thx..

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.

Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/www/ahliasuransi.com/wp-content/plugins/speed-booster-pack/inc/core.php on line 193