Bisakah memecah Polis Gempa Bumi untuk menghindari deductible 2.5% of TSI?

Setelah melalui diskusi, perdebatan dan banyak pertanyaan, “Trik Memecah Belah” Polis Asuransi Gempa Bumi sebagaimana banyak diajukan oleh Broker Asuransi untuk menghindari ketentuan Deductible 2.5% of TSI terjawab sudah.

 

AAUI melalui Surat Edaran No. 74/AAUI/XI/09 tertanggal 25 November 2009 meng-klarifikasi Aplikasi Deductible untuk Klaim Asuransi Gempa Bumi pada Polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia (PSAGBI) yang pada intinya menegaskan bahwa:

 

Yang dimaksud dengan Total Sum Insured / Declared Value any one risk at any one location adalah Harga Pertanggungan / Nilai Deklarasi atas setiap risiko pada satu lokasi. Definisi dari “Setiap risiko pada satu lokasi” ditentukan oleh perusahaan Asuransi / penerbit polis sesuai dengan aturan umum dalam underwriting Polis Asuransi Kebakaran.

 

Dalam hal satu risiko yang dimiliki oleh satu Tertanggung dimana obyek pertanggugannya ditutup oleh beberapa polis, maka ketentuan diatas tetap diberlakukan terhadap jumlah seluruh harga pertanggungan atas risiko dilokasi tersebut.

 

Jadi “Trik Memecah Belah” Polis Asuransi Gempa Bumi tidak diperbolehkan.

 

Terkecuali hanya utuk satu risiko pada suatu lokasi dimana terdapat beberapa kepentingan (interest) seperti mal, pusat pertokoan, tenant pada office tower atau adanya Bankers / Leasing Clause yang menyebabkan masing-masing kepentingan tersebut ditutup oleh polis yang berbeda, maka deductible diberlakukan untuk masing-masing polis (kepentingan) tersebut

 

Surat Edaran No. 74/AAUI/XI/09

 

Mengapa Deductible Polis Gempa Bumi Sangat Besar??

 

Polis Standar Asuransi Gempa Bumi Indonesia

 

By: IMAM MUSJAB

About the Author

has written 1632 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

*

Copyright © 2017 AHLIASURANSI.com. All rights reserved. Managed by Imam MUSJAB
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.